Baru Menikah? Berikut Tips Keuangan Keluarga yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Kaget!

15.59

Tentunya banyak diantara pasangan kekasih yang sudah mulai memikirkan untuk menikah, hanya saja memang di dalam membina biduk rumah tangga tak seindah yang dibayangkan. Karena pastinya akan ada berbagai macam masalah yang harus dilalui bersama. Maka nantinya Anda dan juga pasangan harus siap akan hal tersebut. Masalah yang kerap kali menimpa pasangan yang baru saja menikah tak lain adalah dari segi kondisi finansial atau keuangan. Jadi wajib mengetahui bagaimana tips keuangan keluarga yang benar.

Umumnya banyak pasangan suami istri baru yang berbeda latar belakang kondisi finansial atau keuangan. Hal ini juga bisa menjadi pemicu masalah dalam mengatur keuangan tersebut, seperti satu diantaranya adalah orang yang cenderung boros, namun satunya lagi adalah orang yang terbilang sangat hemat. Sehingga akan sangat kontras bukan di dalam mengelola uang yang dimiliki tersebut. Untuk itu terapkan tips keuangan keluarga berikut ini untuk pasangan yang baru saja menikah, yaitu:

  • Membuat anggaran keuangan, sebaiknya kedua belah pihak baik itu suami maupun istri sama-sama ikut andil di dalam hal ini, sehingga nantinya ada kesepakatan bersama. Perbedaan pendapat di dalam menyusun anggaran keluarga adalah hal yang sangat wajar. Namun pastinya tetap ada titik terang, cobalah untuk mulai menghilangkan ego masing-masing dan diskusikan baik-baik.
  • Miliki tujuan keuangan bersama, khususnya adalah tujuan keuangan jangka panjang, misalnya adalah ingin memiliki rumah sendiri ataupun juga membeli kendaraan pribadi. Pentingnya memiliki tujuan jangka panjang ini tak lain agar ada upaya untuk bisa mewujudkannya. Sehingga tidak asal karena ada pemasukan maka langsung dihabiskan untuk hari itu saja, tanpa ada simpanan sama sekali.
  • Membuat rekening bersama, dimana memang dalam rekening tersebut nantinya Anda dan juga pasangan tahu jumlah pemasukan dan juga pengeluaran. Jika seandainya sama-sama memiliki income atau gaji bulanan, maka tetapkan juga mengenai jumlah atau porsi masing-masing di dalam menabung disana. Sehingga tidak ada rasa saling iri antara kedua belah pihak.
  • Mendiskusikan setiap pengeluaran, agar tidak ada kecurigaan antara satu sama lain, maka sangatlah penting bagi Anda di dalam mendiskusikan setiap pengeluaran yang ada, baik itu yang jumlahnya besar maupun yang kecil sekalipun.
  • Mengalokasikan uang untuk investasi dan juga dana darurat, karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi di masa depan. Alangkah baiknya jika ada pos-pos tambahan seperti uang untuk investasi dan juga yang digunakan untuk dana darurat.


Dengan tips keuangan keluarga di atas, maka besar kemungkinan biduk rumah tangga Anda juga akan tetap aman dari masalah yang berhubungan dengan finansial atau keuangan, meskipun mungkin jumlah pemasukan juga tidak seberapa.

0 komentar